1. DEFINISI ROUTER

      Router ? apa itu ? Bagi teman-teman yang sudah lama berkecimpung di dunia jaringan komputer pasti sudah paham betul apa itu router. Pada intinya router adalah sebuah perangkat jaringan yang menghubungkan jaringan yang berbeda ataupun sama dan berfungsi sebagai pengirim paket data melalui jaringan WAN ataupun LAN. Untuk dapat mengirim paket menuju tujuan, Router melakukan sebuah aktifitas yang disebut dengan Routing. Apa itu routing ? Bagaimana cara kerja router ? Oke cukup disini prolognya hehe mari kita ke pokok pembahasan.
      


2. CARA KERJA ROUTER

      Cara kerja router pada intinya adalah sebagai "translator" untuk network/jaringan yang saling berbeda. Sama halnya dengan PC 1 sebagai orang jepang dan PC 2 sebagai orang Indonesia, bagaimana caranya untuk berkomunikasi ? tentunya harus ada translatornya kan ? nah router lah berperan sebagai si translator tersebut. Namun fungsi utama dari router yang lebih rincinya adalah path selection dan packet switching. Apa maksudnya dari path selection dan packet switching itu ? Berikut ada ilustrasinya :

1

2

3

4

5

6

7
       Bagaimana ? sudah terbayang apa itu path selection dan packet switching ? Jika ditilik dari definisinya, path selection adalah fungsi pada router untuk menentukan jalan mana yang terbaik untuk mencapai tujuan yang diminta, dia akan melihat Routing Tables ( kumpulan alamat ) yang dituju, disini prosesnya disebut dengan Routing. Berhubung di ilustrasi itu hanya menghubungkan 2 PC, maka fungsi ini belum terlihat jelas seperti apa itu maksudnya " jalan yang terbaik ", tetapi yang terpenting kita tahu konsep dasarnya itu seperti apa. Fungsi ini akan terasa jika ada beberapa router dan PC yang saling terhubung. Di fungsi ini pula, router bisa mengatur traffic data untuk kemana saja jalur yang bisa dilewati atau tidak bisa dilewati oleh data dari PC tertentu, kita bisa analogikan sebagai plang yang ada di pintu masuk jalan tol seperti *motor tidak boleh masuk*, berarti jika motor ingin ke bandung misalkan, maka harus lewat jalur lain.

       Selanjutnya adalah apa itu packet switching ? packet switching disini bukan berarti memecah file menjadi beberapa bagian karena router berada pada OSI Layer Network dan memecah file menjadi beberapa bagian adalah fungsi dari Transport ( tunggu ya postingan mengenai OSI Layer ). Melainkan, data akan diteruskan menuju tujuan yang dituju sesuai jalan yang ditentukan tadi pada fungsi path selection.

      Bagaimana ? sudah paham kah mengenai apa itu router dan sekaligus cara kerjanya ? mungkin cukup sampai sini dulu postingan saya kali ini, mudah-mudahan teman-teman semua bisa mendapatkan manfaat dari postingan ini ya hehe. Terimakasih.



    


1 Comments

  1. pada umumnya router bekerja di layer 3, yang mana tugasnya secara umum adalah menghubungkan atau memblock jaringan yang berbeda

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post