Assalammu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh,

       Apa itu Cisco ? Cisco atau yang lebih dengan nama korporasinya " Cisco System Inc. "  adalah sebuah perusahaan terbaik nomor 1 dunia yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, khususnya dalam memproduksi perangkat keras jaringan seperti router, switch, IP Telephone dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari sisi pelayanan apa yang disediakan oleh cisco, yaitu jaringan fiber optik, jaringan data center, sampai jaringan rumahan. Cisco menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia.

      Cisco memiliki sebuah program pendidikan yang berfokus pada jaringan komputer, khususnya dalam penganganan produk cisco itu sendiri, yaitu dalam program CNAP ( Cisco Network Academy Program ), dimana orang yang berada di dalam akademi itu akan mengikuti pembelajaran dan akan diuji, yaitu dalam sertifikasi. Sertifikasi ini bertaraf internasional, jika seseorang lulus dalam sertifikasi ini, maka akan mendapatkan sertifikat tingkat internasional. Bagaimana jika tidak lulus ? yaaa keep trying hehe. Di dalam program itu terdapat beberapa tingkatan, yakni :

  • Tingkat dasar : 
- CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician)

  • Tingkat Associate :
- CCNA (Cisco Certified Network Associate), dibagi lagi : Security, Service Provider, Voice, Wireless
- CCDA (Cisco Certified Design Associate)

  • Tingkat profesional : 
- CCNP (Cisco Certified Network Professional)
- CCDP (Cisco Certified Design Professional)
- CCIP (Cisco Certified Internetwork Professional)
- CCSP (Cisco Certified Security Professional)
- CCVP (Cisco Certified Voice Professional)

  • Tingkat Advance/Expert :
- CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)
   - ada bagian Routing Switching (CCIE RS)
   - ada bagian Service Provider (CCIE SP)
   - ada bagian Security (CCIE Security)
- CCDE (Cisco Certified Design Expert)


      Nahhh, sudah cukup tahu kan mengenai apa itu cisco ? Jadi kesimpulannya cisco adalah WAJIB bagi teman-teman untuk mempelajarinya jika ingin mendalami dunia jaringan komputer. Namun, di samping cisco ada lagi perusahaan yang bergerak di bidang yang sama yaitu seperti mikrotik dan juniper. Sekali lagi, cisco WAJIB dan sangat RECOMMENDED untuk teman-teman pelajari jika ingin mendalami dunia jaringan, karena apa ? Bisa dikatakan cisco adalah RAJA di bidangnya. Jadi banyak sekali perusaahaan yang memakai produk dari cisco ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post