Seseorang cenderung menilai orang lain dengan cara bagaimana dia bersikap. Ya, itu wajar, sebab orang lain menilai kita dengan apa yang mereka lihat di depan mata mereka karena itu adalah informasi mutlak yang mereka dapat dari diri kita. Lalu, bagaimana mereka bisa menilai kita ? Ada orang yang menilai seseorang dengan hanya satu sisi dan ada orang yang menilai seseorang itu dari berbagai sisi.

      Sekarang bukan waktunya untuk menyalahkan salah satu dari 2 tipe penilaian tersebut, tetapi ada satu fakta yang perlu kita ketahui :


" Tampilan dunia itu bergerak secara 3 dimensi "

      Apa maksudnya ? Apa rasanya jika diri kita sendiri dicap tidak baik oleh orang lain karena kesalahan kita yang itu adalah sisi lain dari kita tanpa mereka tahu sisi lain kita yang lainnya ? Apa kita terima ? Jelas sebenarnya kita tidak terima bukan ? tetapi karena kita mengingat bahwa setiap manusia mempunyai sisi baik dan sisi buruk, kita jadi menerima hal itu. Tidak adil rasanya jika kita menilai seseorang dari satu sudut pandang saja, TOH KITA JUGA MERASA TIDAK NYAMAN KETIKA DICAP BURUK HANYA KARENA DINILAI DARI SATU SUDUT PANDANG OLEH ORANGLAIN. Padahal masing-masing dari kita semua memiliki berbagai titik pandang yang semuanya tidak lah buruk, karena apa ? karena saya yakin bahwa KODRAT MANUSIA itu adalah BAIK HATI.

      Seburuk apapun sifat ataupun sikap seseorang terhadap kita, pasti ada sisi baik yang ia miliki. Apa contohnya ? Kita bisa mengambil contoh dari sebuah serial kartun yang disitu terdapat pembelajaran secara kontekstual dan itu memang ada di kehidupan nyata. Pernah nonton doraemon ? Kita bukan membahas alat-alat canggihnya yang di luar logika namun kita membahas salah satu perwatakkannya. Kartun serial itu ada seorang tokoh antagonis bernama Takeshi atau yang biasa dipanggil Giant, apa yang kalian pikirkan tentang dia ? Jahat ? Egois ? Pemarah ? Ya memang begitulah sifatnya, namun itu belum semua titik yang kita jadikan objek pandang terhadapnya. Apakah ada sisi baiknya ? Walau dia begitu sangar, jahat, dan egois, namun jika terhadap ibunya ia patuh dan tidak ingin melawannya.

      Walau memang benar kita tidak bisa membenarkan sikap yang Giant lakukan terhadap teman-temannya itu, namun kita bisa memandang Giant adalah anak yang tidak sepenuhnya nakal karena dia berbakti pada ibunya. Banyak kan orang yang baik terhadap teman-temannya namun durhaka terhadap orang tuanya ? Nah jadi kita tidak bisa JUDGE seseorang itu dari satu sudut pandang saja karena pasti ia memiliki titik yang dimana itu adalah KODRATNYA DIA SEBAGAI MANUSIA. Jadi apa yang bisa kita lakukan ?

"MELIHAT SATU TITIK DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG"


      Semoga bermanfaat untuk kita semua ^^

Post a Comment

Previous Post Next Post