Assalammu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh,

     Untuk postingan kali ini kita akan belajar bagaimana melakukan instalasi docker pada sistem operasi linux CentOS. Pada lab nanti saya akan menggunakan centos 7. Sebelum kita mulai praktik, kita perlu mempelajari terlebih dahulu apa itu docker.

     Docker adalah sebuah tool yang berfungsi sebagai container service atau aplikasi yang memungkinkan kita dapat membuat sebuah environment terisolasi untuk menjalankan aplikasi. Singkatnya seperti ini : Bayangkan jika kita adalah seorang developer di sebuah perusahaan. Di dalam perusahaan itu terdapat beberapa developer yang tentunya mempunyai environment yang berbeda pada setiap laptopnya untuk melakukan coding. Tentunya aplikasi akan bisa dijalankan dengan baik pada laptop si developer, namun tentunya aplikasi harus dipasang pada server production agar bisa digunakan orang banyak. Namun bagaimana jika environment yang ada pada laptop si developer beda dengan yang ada di server ? Tentunya merupakan hal yang rumit jika harus kembali menyesuaikan environment server agar sama dengan laptop developer. Maka dari itu docker datang menawarkan titik terang dimana tidak peduli environment developer seperti apa karena docker akan menyediakan ruang dalam bentuk virtualisasi OS yang akan menampung aplikasi yang dikembangkan. Bedanya virtualisasi pada docker dengan VM ialah docker langsung berjalan pada sistem operasi server, berbeda dengan VM yang perlu hypervisor.

      Dengan docker, pengembangan aplikasi menjadi lebih ringan dan fleksibel karena container dapat menjalankan banyak aplikasi beserta dependensi, pustaka, dan binari tanpa mengganggu environment server yang sedang berjalan dan sedikit memakan resource. Okee langsung kita praktik yuk !

Tujuan : 
  • Dapat melakukan instalasi Docker CE pada CentOS
  • Dapat memasukan user ke dalam group docker







Tahap 1 : Instalasi


      Instalasi storage driver. Mengenai ini kita akan bahas dan lakukan labnya di postingan yang akan datang.


      Menambahkan repositori docker di bawah ini. Setelah menambahkan repositori lakukan update dengan perintah yum update .


      Instalasi docker engine seperti di bawah ini. Dengan otomatis akan terinstal versi docker yang terbaru.


Tahap 2 : Menambahkan user ke grup docker
     Kita perlu menambahkan user ke grup docker agar kita tidak perlu menggunakan sudo lagi ketika akan menggunakan docker. Namun sebelumnya kita perlu membuat grupnya terlebih dahulu, perintahnya adalah groupadd docker. Setelah itu barulah kita tambahkan user ke grup docker seperti pada gambar di bawah ini.





Tahap 3 : Melihat Versi

      Untuk melihat versi docker, kita bisa menggunakan perintah docker version. Maka akan terlihat versi docker engine untuk client dan server seperti pada gambar di bawah ini.




    
      Sekian lab instalasi docker ini. Untuk lab yang akan datang kita akan mempelajari docker lebih dalam lagi. Sampai jumpadi lab selanjutnya!

Wassalammu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

Post a Comment

Previous Post Next Post