VLAN ( Virtual Local Area Network ) adalah sebuah konsep jaringan LAN yang diciptakan secara virtual *sesuai namanya hehe*, berarti bukan secara fisik. Maksudnya apa sih ? Jadi misalkan teman ingin membuat beberapa jaringan LAN tetapi hanya terbatas dengan 1 switch saja. Nah, walau begitu teman tetap bisa membuat beberapa jaringan LAN, namun secara virtual yang diatur dalam switch itu sendiri untuk membagi-bagi VLAN yang teman kehendaki. Jadi dengan adanya VLAN ini teman bisa mengelompokkan user sesuai kebutuhannya masing-masing. Seperti gambar ilustrasi di atas, antara ruang karyawan dan ruang manager dipisahkan dengan VLAN yang berbeda, yaitu VLAN 10 dan VLAN 20.

CATATAN : Switch yang bisa digunakan untuk membuat VLAN hanyalah switch manageable ( dapat dikelola ) dan bukan switch unmanagable ( tidak dapat dikelola ).

      Apa perbedaan switch manageable dan switch unmanageable ? Mungkin dari arti katanya kawan sudah tahu tapi apa perbedaan secara praktiknya ?

⧪ Switch manageable : kita bisa mengelola switch sehingga memiliki fungsi lain dan bukan hanya sekedar berfungsi sebagai penghubung antar komputer.


⧪ Switch unmanageable : kita hanya bisa menjadikan switch itu sebagai sekedar penghubung antar komputer saja dan tidak memiliki fungsi lain.


lalu bagaimana jika kita ingin membuat VLAN ? berarti harus switch yang manageable ? contoh switchnya seperti apa ?

Jawab : salah satu contoh switch yang manageable adalah switch dari cisco, namun *bukan promo* karena dalam kesempatan kali ini akan mempelajari bagaimana cara membuat VLAN pada switch cisco.

       Oke itu mungkin sekedar teori dasarnya mengenai VLAN. Yuuuk sekarang kita menuju praktiknya !

1. Langkah pertama teman buka Cisco Packet Tracer nya

2. Buat topologi sederhana seperti ini : 




⧪ PC-Karyawan 1 & 2 : VLAN 10
⧪ PC-Manager 1 & 2   : VLAN 20

lalu masukkan IP Address & Subnetmask nya pada masing-masing PC sesuai pada gambar di atas. Setelah itu coba kirimkan pesan dari PC yang berada pada VLAN 10 ke VLAN 20 atau sebaliknya juga tidak apa-apa. Apa status nya ?


lihat gambar yang diberi garis kotak warna merah pada gambar di atas, statusnya masih successful, karena apa ? karena switch belum kita konfigurasi untuk membuat VLANpada contoh kasus ini. Jadi wajar saja switch ini masih berfungsi sekedar menghubungkan komputer yang mempunyai segmen sama. Bagaimana cara konfigurasinya ? 

3. Klik switch dan pilih CLI mode, lalu ikuti perintah berikut ini :


======================[ KONFIGURASI VLAN 10 ; KARYAWAN ]=======================


Switch> enable

Switch# configure terminal
Switch(config)# vlan 10 ---> menambahkan vlan


Switch(config-vlan)# name karyawan ---> memberi nama vlan



Switch(config-vlan)# vlan 20 ---> teman bisa menambahkan vlan berikutnya dengan mode konfigurasi vlan ataupun dengan konfigurasi global

                                                       disini saya menggunakan mode konfigurasi vlan untuk menambahkan vlan selanjutnya, yaitu vlan 20


Switch(config-vlan)# name manager

Switch(config-vlan)# exit

PC Karyawan 1 :


Switch(config)# int fa 0/2
Switch(config-if)# switchport mode access ---> memberikan akses pada port  *secara default sudah aktif
Switch(config-if)# switchport access vlan 10  ---> memberikan akses port untuk hanya bekerja pada VLAN 10


PC Karyawan 2 :



Switch(config)# int fa 0/1
Switch(config-if)# switchport mode access
Switch(config-if)# switchport access vlan 10


PC Manager 1 :



Switch(config)# int fa 0/3
Switch(config-if)# switchport mode access
Switch(config-if)# switchport access vlan 20


PC Manager 2 :



Switch(config)# int fa 0/4
Switch(config-if)# switchport mode access
Switch(config-if)# switchport access vlan 20





Setelah konfigurasi selesai, coba sekarang cek konfigurasnya apakah masing-masing PC sudah terkonfigurasi sesuai VLAN nya ?

⧪ Keluar dari konfigurasi global dan keluar dari privileged mode dengan perintah ---> exit
⧪ Ketikkan perintah show vlan , maka akan tertampil :



      Lihat lah teks yang diberi border merah itu, jika sesuai dengan apa yang kita konfigurasi tadi berarti sampai pengalamatan VLAN pada masing-masing PC sudah berhasil. Lalu untuk langkah selanjutnya bagaimana ? Coba teman kirim pesan dari PC karyawan ke PC manager, apa statusnya ? 



      Jika statusnya adalah failed ketika teman mengirim pesan dari PC Karyawan ke PC Manager seperti gambar di atas atau sebaliknya, maka konfigurasinya berhasil, walau IP Address pada semua PC adalah satu subnet. Dalam #Ngoprek yang pertama ini failed = berhasil sedangkan successful = gagal hahaha. Eitss..tunggu dulu coba sekarang teman kirim pesan untuk ke VLAN yang sama, jika hasilnya seperti ini :



maka ini adalah wajar, karena masing-masing PC yang berada pada VLAN yang sama bisa saling terhubung. 

     Hmm..tampaknya cukup sekian untuk #Ngoprek kita kali ini, yaitu Konfigurasi VLAN pada Cisco. Pada #Ngoprek kali ini baru baru gambaran umumnya mengenai VLAN itu sendiri, di postingan selanjutnya In Shaa Allah akan ada materi VLAN yang lebih jauh. Jadi sampai jumpa di postingan selanjutnya !

3 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post