Dalam jaringan komputer, istilah “ hacking “ adalah sebuah teknik dalam memanipulasi sifat atau karakter atau yang biasa disebut behaviour sebuah koneksi jaringan dan sistem yang terhubung. Hacker adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan teknik ini. Istilah “ hacking “ secara awalnya adalah tertuju pada sebuah pemanfaatan fungsionalitas yang dikembangkan dari fungsi biasanya dan tidak hanya berhubungan pada sistem komputer saja. Sekarang, bagaimanapun hacking dan hackers adalah istilah yang selalu dikaitkan dengan pengembangan program yang berbahaya yang ditujukkan untuk menyerang sistem orang lain melalui internet dan jaringan lainnya.

Asal Usul Hacking

Para engineer M.I.T ( Massachusetts Institute of Technology ) pada tahun 1950-an dan 1950-an pertama kali mempopulerkan istilah dan konsep dari hacking itu sendiri. Contohnya eksperimen pada ruangan komputer mainframe ( kumpulan beberapa komputer yang yang memiliki kemampuan komputasi yang tinggi ), nah apa yang disebut dengan istilah “ hack “ yang dilakukan oleh para hacker  ini adalah ditujukan untuk eksperimen teknis yang tidak berbahaya dan kegiatan belajar yang menyenangkan.

Selain para engineer M.I.T, orang lain di luar M.I.T pun mulai mempraktikkan istilah “ hacking “ ini untuk hal yang kurang baik. Sebelum internet menjadi terkenal, contoh kasusnya adalah beberapa hacker di Amerika bereksperimen dengan cara yang illegal dengan memodifikasi telfon untuk membuat panggilan jarak jauh gratis menggunakan jaringan telfon. Sebagaimana jaringan komputer dan internet semakin terkenal, sejauh ini data yang ada pada jaringan menjadi  target yang umum untuk para hacker melakukan exploit.

Hacker yang terkenal

Banyak hacker terkenal di dunia yang memulai belajar hacking dari usia yang sangat muda. Beberapa dari mereka ada yang dihukum karena kejahatan yang besar dan menjalani hukuman sesuai apa yang mereka telah perbuat. Untuk sebuah penghargaan kepada mereka, beberapa dari mereka ada yang direhabilitasi dan beralih menggunakan kemampuan mereka pada karir yang baik dan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Hacking vs Cracking

Kegiatan yang dilakukan untuk aktifitas yang diniatkan dengan niat baik itu disebut dengan “ Hacking “, sedangkan penyerangan berbahaya pada jaringan komputer disebut dengan “ cracking “. Banyak orang yang tidak mengetahui ini secara teknis sehingga salah untuk mendefinisikan perbedaan ini. Ini sangat umum terjadi ketika istilah “ hack“  disalahgunakan dan identik dengan peretasan sistem.


Teknik umum hackingjaringan

Aktifitas hacking jaringan komputer selalu dilakukan dengan scriptdan software pada jaringan. Software ini dirancang khusus untuk memanipulasi data yang melewati koneksi jaringan dengan tujuan untuk memperoleh lebih banyak informasi tentang bagaimana sistem si target bekerja. Banyak script yang siap diolah yang diunggah di intenet untuk siapapun, biasanya hackeryang masih pada tahap awal menggunakan cara ini. Banyak hacker yang sudah mahir mempelajari dan kemudian memodifikasi banyak script itu untuk dikembangkan guna fungsi yang baru. Beberapa hacker yang benar-benar sudah mahir bekerja untuk perusahaan komersil, berkerja untuk melindungi softwaredan data dari perusahaan tersebut dari serangan luar.
                
      Teknik crackingpada jaringan seperti membuat worms, melakukan serangan DoS ( Denial of Service ), atau membuat koneksi remote acces dengan otoritas yang ilegal pada suatu perangkat.
Hacking yang efektif  membutuhkan kombinasi kemampuan teknis dan sifat personal dari diri si hacker itu sendiri seperti :
·         
  •       Kemampuan untuk bekerja perhitungan matematika. Untuk melakukan Hacking sering dibutuhkan kemampuan untuk menyortir sebagian besar data, kode dan algoritma komputer.

  • ·         Ingatan dan pemikiran yang logis. Hacking melibatkan penyusunan fakta ( data ) dan detail ( dari banyak sumber ) pada sebuah perancanaan penyerangan yang berdasarkan bagaimana sistem komputer bekerja secara logis.

  • ·         Sabar. Hacking adalah hal yang cenderung sangat kompleks dan membutuhkan banyak waktu untuk merencanakannya dan kemudian eksekusi.


Sumber : https://www.lifewire.com/definition-of-hacking-817991


[ ENGLISH VERSION ]

      In computer networking, hacking is any technical effort to manipulate the normal behavior of network connections and connected systems. A hacker is any person engaged in hacking. The term "hacking" historically referred to constructive, clever technical work that was not necessarily related to computer systems. Today, however, hacking and hackers are most commonly associated with malicious programming attacks on the Internet and other networks.

Origins of Hacking

      M.I.T. engineers in the 1950s and 1960s first popularized the term and concept of hacking. Starting at the model train club and later in the mainframe computer rooms, the so-called "hacks" perpetrated by these hackers were intended to be harmless technical experiments and fun learning activities.
      Later, outside of M.I.T., others began applying the term to less honorable pursuits. Before the Internet became popular, for example, several hackers in the U.S. experimented with methods to (illegally) modify telephones for making free long-distance calls over the phone network.
As computer networking and the Internet exploded in popularity, data networks became by far the most common target of hackers and hacking.

Well-Known Hackers

      Many of the world's most famous hackers began their exploits at a very young age. Some were convicted of major crimes and served time for their offenses.
To their credit, some of them also rehabilitated and turned their skills into productive careers.

Hacking vs. Cracking

While true hacking applies only to activities having good intentions, malicious attacks on computer networks are officially known as cracking.
Most non-technical people fail to make this distinction, however. It is extremely common to see the term "hack" misused and be applied to cracks as well.

Common Network Hacking Techniques

      Hacking on computer networks is often done through scripts and other network software. These specially-designed software programs generally manipulate data passing through a network connection in ways designed to obtain more information about how the target system works. Many such pre-packaged scripts are posted on the Internet for anyone - typically entry-level hackers - to use. More advanced hackers may study and modify these scripts to develop new methods. A few highly skilled hackers work for commercial firms, hired to protect that company's software and data from outside hacking.
Cracking techniques on networks include creating worms, initiating denial of service (DoS) attacks, or in establishing unauthorized remote access connections to a device.
Effective hacking requires a combination of technical skills and personality traits:
  • ability to work with numbers and a background in mathematics. Hacking often requires sorting through large amounts of data, code and computer algorithms.
  • memory recall and logical reasoning. Hacking involves assembling small facts and details (sometimes from many sources) into a plan of attack based on the logic of how computer systems work.
  • patience. Hacks tend to get very complex and requite large amounts of time to plan and execute).
Source : https://www.lifewire.com/definition-of-hacking-817991

Post a Comment

Previous Post Next Post